Tanya Jawab Tentang Kain Merosot saat Shalat


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bagaimana bila seseorang yang sedang shalat tiba-tiba auratnya ter­singkap, misalnya karena kainnya me­rosot atau tertiup angin? Apakah shalat­nya boleh diteruskan saja ataukah men­jadi batal sehingga harus diulangi?

Wassalamu ’alaikum Wr. Wb.
------------------------------------- Jawab :
Wa’alaikumussalam Wr. Wb.

Menutup aurat adalah salah satu syarat sahnya shalat, sehingga, kalau aurat seseorang tidak tertutup, shalatnya tidak sah. Termasuk jika seseorang menyingkapnya dengan sengaja di tengah-tengah shalat. Tetapi kalau kain penutup aurat itu merosot karena tidak disengaja dan kemudian segera dibetul­kannya lagi, shalatnya tidak batal. Dengan demikian, shalatnya tidak usah dibatalkan, malah kalau shalat wajib tidak boleh dibatalkan.

Dalam kitab Kifayah Al-Akhyar juz 1 halaman 123, karya Imam Taqiyuddin Abu Bakar Al-Husaini, dijelaskan se­bagai berikut: Adapun tersingkapnya aurat, jika seseorang menyingkapnya dengan sengaja, batallah shalatnya, walaupun ia membetulkannya kembali dengan segera, karena menutup aurat itu adalah salah satu syarat sahnya shalat dan ia telah meniadakan syarat itu dengan perbuatannya sendiri. Maka hal tersebut sama dengan ia mempunyai hadats. Dan jika angin yang menying­kapnya, lalu ia menutup kembali dengan segera, shalatnya tidak batal; begitu juga jika kainnya merosot atau terlepas ikatannya lalu ia membetulkannya kembali dengan segera, tidak batal shalatnya.”

majalah-alkisah.com