Indonesia Website Awards

KALIMAT MOTIVASI DALAM QUR’AN & HADITS YANG DIPAKAI OLEH PARA MOTIVATOR NON-MUSLIM


Begitu banyak kalimat kalimat motivasi yang berasal dari ayat ayat suci Al Qur’an maupun dari Hadits yang diambil dan dipakai oleh para Trainer dan motivator di luar Islam tanpa menyebutkan dari mana asal kalimat motivasi tersebut berasal, beberapa saat yang lalu seorang teman menginformasikan bahwa dirinya barusan saja mendapatkan pelatihan Sumber Daya Manusia oleh team trainer non Muslim selam 3 hari dan ternyata begitu banyak kalimat kalimat motivasi yang dipergunakan oleh para trainer yang diambil dari Al Qur’an dan hadits yang tentu saja tanpa menyebutkan sumber dari kalimat kalimat motivasi tersebut.
Akhir tahun 2010 kebetulan saya mendapatkan undangan wisuda di sebuah perguruan yang bonafide di Yogyakarta dalam acara wisuda sarjana SI di Jogyakarta Exhibition Center ( JEC )yang menghadirkan motivator nasional yang terkenal yang menurut yang saya dengar taripnya sekitar 35 juta untuk durasi 3 jam, mereka adalah : Adrie Wongso dan James Gwee ( dari Singapore ) selama 4 jam mereka bergantian memberikan motivasi dengan penuh semangat kepada wisudawan sarjana SI dan disambut dengan sangat meriah apalagi ketika mengutip bagian dari ayat ayat Al Qur’an dan Hadits yang tentu saja tanpa menyebutkan dari mana kalimat motivasi tersebut berasal.
Sebetulnya yang lebih memprihatinkan adalah para wisudawan sarjana SI banyak yang tidak mengetahui bahwa kalimat kalimat motivasi yang dipakai oleh ke dua motivator tersebut banyak diambil dari kutipan ayat ayat Al Qur’an dan hadits, kenapa memprihatinkan ? Karena sebagian besar wisudawan dan wisudawati adalah pemeluk agama Islam yang seharusnya mengetahui ayat ayat Al Qur’an dan hadits tersebut. Hal ini adalah tantangan bagi kita semua yang mengetahui dengan persis tentang ayat ayat motivasi yang ada dalam Al Qur’an dan hadits untuk menginformasikan kepada generasi muda Islam dan saya juga mempunyai tanggung jawab moral untuk menginformasikannya kepada generasi muda Islam, dan Alhamdulillah melalui lembaga training yang ada kami sudah mulai menginformasikan sejak beberapa tahun yang silam.
Berikut adalah beberapa kalimat kalimat motivasi yang biasa dipergunakan oleh para motivator non-Muslim yang berasal dari ayat ayat Al Qur’an dan juga hadits Rosulullah saw :
1. “Tuhan tidak akan pernah merubah kondisi kita sebelum kita merubah diri kita”. Kalimat ini dikutip dari Al Qur’an yang aslinya adalah :
… sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, ………. ( QS.An Anfaal 8 : 53 )
Dan juga disebutkana dalam surat yang lain,
Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. ( QS. Ar- Rad 13:11 )
2. “ Sesungguhnya dibalik kesulitan selalu ada kemudahan”
Jelas sekali bahwa kalimat tersebut merupakan bagian dari ayat Al Qur’an surat Al-Insyiraah 94:5 – 6 yaitu :
5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
3. “Tuhan tidak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan kita”.
Kalimat motivasi tersebut adalah kutipan dari Al Qur’an surat Al Baqarah 2:286.
Allah tidak akan membebani kamu kecuali sebatas kemampuan yang ada, kebanyakan kata “ALLAH” diganti dengan kata Tuhan.
4. “Berdoalah Tuhan pasti akan mengabulkan”
Kalimat motivasi tersebut adalah kutipan dari :
Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.
( QS. Al Mu’min 40 : 60 )
5. “Doa bisa merubah nasib kita”.
Kalimat tersebut adalah kutipan dari sebuah hadits Rasulullah saw :
“Doa kita bisa merubah nasib kita, dan kebaikan dapat memperpanjang umur kita.
(HR. Ath-Thahawi)
6. “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini”
Kalimat tersebut adalah sabda Rasulullah saw dan dimaksudkan untuk lebih baik dalam iman dan juga dalam bertingkah laku, tetapi oleh para motivator dan juga trainer diartikan menjadi lebih baik dalam mendapatkan keuntungan secara materi.
7. Menutut ilmu adalah wajib
8. Carilah ilmu walau sampai negeri China
9. Selalu berpositive Thinking
10. Bekerjalah dengan rajin dan keras
11. Janganlah engkau melihat siapa yang bicara tetapi lihatlah apa isi dari yang dibicarakan.
12. Kuman di seberang lautan tampak tapi gajah dikelopak mata tidak tampak
Kalimat kalimat motivasi dari nomer 5 sampai nomer 12 adalah kutipan dari kalimat kalimat motivasi yang ada dalam hadits Rasulolluh saw yang sering dipakai oleh para motivator motivator non-Muslim, dan masih banyak lagi kalimat kalimat motivasi lainya yang diambil dari Al Qur’an dan juga hadits.

Alhamdulillah kami team melalui lembaga training yang ada sudah berusaha untuk memberikan informasi informasi tersebut kepada generasi muda Islam terutama di kampus kampus dalam training yang kami selenggarakan berupa training SSQMT yang memberikan “Motivasi Spiritual” maupun “Fighting Spirit” yang berdasarkan Al Qur’an dan Hadits yang mana juga disertai bukti bukti ilmiah terhadap tingkah laku kita, terhadap pola piker kita, kenapa kita harus berusaha untuk Khusnudzon ( Positive Thinking ) apa yang terjadi dalam tubuh secara ilmiah, mengapa kita tidak boleh selalu Suudzon ( Negative Thinking ) apa yang terjadi di dalam tubuh kita dilihat dari sisi ilmiah kalau kita selalu suudzon, dan lain lain.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BRI - KHASUN / Rek : 3660-01-015356-53-8
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas
Baca juga :
elzeno

Subscribe YouTube Kami Juga Ya