Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Dalil Al Quran tentang Anjuran Sholat Tahajud Lengkap Terjemah dan Penjelasannya

Dalil Al Quran tentang Anjuran Sholat Tahajud Lengkap Terjemah dan Penjelasannya
Sholat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang meiliki arti sholat malam. Untuk itu sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari.

Malam hari pada waktu sholat tahjud ini maksudnya adalah sepertiga malam sampai waktu menjelang subuh. Sepertiga malam adalah sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 sebelum subuh.

Dalil Al Quran tentang Anjuran Sholat Tahajud Lengkap Terjemah dan Penjelasannya

Sholat tahajud dilaksanakan pada waktu sepertiga malam dan waktu pelaksanaannya setelah bangun dari tidur di malam hari. Namun sebagian ulama berpendapat bahwa sholat tahajud boleh dilakukan tidak harus tidur dulu. Andaikan pada waktu malam hari, Anda belum tidur dan ingin melaksanakan sholat tahajud juga tidak apa-apa.

Sebelum mengulas tentang cara sholat tahajud dan bacaan niat sholat tahajud, sebaiknya Anda memahami dulu mengenai sholat sunah tahajud lebih dalam. Sholat sunah tahajud adalah salah satu sholat Sunah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam secara rutin. Dengan melakukan tata cara dan niat sholat tahajud yang benar, maka sholatnya akan semakin sempurna.

Dan Allah akan memberikan pahala yang banyak bagi yang menunaikan Sholat Tahajud. Karena menurut para ulama ketika sholat malam hari dengan suasana sunyi akan semakin khusuk dan semakin dekat dengan Allah Swt di dalam sholatnya.

Panduan Dalil Sholat Tahajud

Sesuai dengan dalil di dalam Al Quran tentang anjuran sholat tahajud adalah QS. As-sajdah:16-17.
تَجَافٰی جُنُوۡبُہُمۡ عَنِ الۡمَضَاجِعِ یَدۡعُوۡنَ رَبَّہُمۡ خَوۡفًا وَّ طَمَعًا ۫ وَّ مِمَّا رَزَقۡنٰہُمۡ یُنۡفِقُوۡنَ(١٦)

فَلَا تَعۡلَمُ نَفۡسٌ مَّاۤ اُخۡفِیَ لَہُمۡ مِّنۡ قُرَّۃِ اَعۡیُنٍ ۚ جَزَآءًۢ بِمَا کَانُوۡا یَعۡمَلُوۡنَ(١٧)
“Tatajaafa junuubuhum ‘anil madhaaji’i yad’uuna rabbahum khaufan wathama’an wamimmaa razaqnaahum yunfiquun.” (ayat 16).
“Falaa ta’lamu nafsun maa ukhfiya lahum min qurrati a’yunin jazaa-an bimaa kaanuu ya’maluun.” (ayat 17).

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.” (ayat 16).
“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (ayat 17).

Penjelasannya

Penjelasan di dalam surah Al Sadjah ayat 16 -17 diatas menjelaskan tentang anjuran bagi orang-orang yang beriman, agar mereka mengurangi tidur.

Diusahakan untuk dapat bangun tirdur di pertengahan malam untuk melakukan shalat malam, berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka dan bershodaqoh atas sebagian hartanya karena Allah.

Setiap umat manusia tidak akan tahu tentang besarnya kebahagiaan dan kesenangan yang akan Allah berikan kepadanya di akherat kelak. Kehidupan di akherat digambarkan dengan penuh kenyamanan, enak, dan indah tinggal di surga. Semua itu atas balasan Allah kepada hamba-Nya yang berbuat baik selamai di dunia.

Allah sudah menjanjikan indahnya surga bagi yang rajin melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam. Keutamaan sholat tahajud sangat luar biasa bagi umat muslim.

Pada kesempatan ini akan dijelasan lebih detail tentang Sholat Sunnah Tahajud. Mulai dari Niat Sholat Tahajud, Tata Cara Sholat Tahajud yang benar, Bacaan Wirid Setelah Sholat Tahajud serta Doa Setelah Sholat Tahajud.
Baca :
1. Tata Cara Sholat Tahajud
2. Lafadz Niat Sholat Tahajud
3. Bacaan Wirid Setelah Sholat Tahajud
4. Doa Sholat Tahajud
Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utam…

Posting Komentar

© EL-ZENO . All rights reserved. Developed by Jago Desain