Pengertian dan Keutamaan Sholat Hajat

Sholat hajat adalah salah satu sholat sunah yang memiliki banyak keistimewaan. Sangat dianjurkan untuk siapa saja yang memiliki keinginan atau hajat agar mengerjakan sholat ini.

Karena manfaat sholat hajat sendiri yaitu memenuhi hajat. Untuk mengetahui bagaimana tata cara, niat, doa dan juga fadhilah sholat hajat, simak penjelasan lengkap berikut ini.

Pengertian dan Keutamaan Sholat Hajat

Pengertian Sholat Hajat

Secara bahasa, arti kata حَاجَةٌ : Kebutuhan, sedangkan secara umum arti sholat hajat adalah salah satu sholat sunah yang dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT supaya hajat atau kebutuhannya dikabulkan.

Sholat hajat untuk apa?

Sholat hajat selalu dicontohkan oleh para sahabat, mereka mengerjakan sholat hajat lalu berdoa kepada Allah SWT meski dalam hal-hal yang kecil.

Sebagaimana Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam mengajarkan untuk meminta hajat kepada Allah SWT;

لِيَسْاَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَجَتَهُ حَتَّى يَسْاَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْاَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَاانْقَطَعَ

“Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus.” (HR. Tirmdzi; Hasan)

Bayangkan saja Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam pun mengajari para sahabatnya untuk meminta hajat dan kebutuhannya kepada Allah SWT walaupun yang diminta itu hanya garam dan tali untuk mengikat sendal yang putus.

Tetapi apabila kebutuhan dan hajatnya dirasa besar, Rasulullah mengajarkan untuk tidak hanya berdoa untuk meminta terkabul hajatnya, akan tetapi beliau mengajarkan untuk mengerjakan sholat sunnah dua rakaat, yang dimaksud adalah sholat sunnah hajat.

Keutamaan Sholat Hajat

Fadhilah atau keutamaan yang didapatkan oleh orang yang sering menegakan sholat sunnah hajat, diantara banyaknya keutamaan, berikut ini keutamaan sholat hajat dan fahilahnya:

1. Allah Mencintainya

Allah berfirman:

“Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dari pada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR.Bukhori).

2. Derajat yang Tinggi

Allah berfirman:

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapus dosamu” (HR. Bukhori).

3. Dosanya Diampuni

Pengampunan dosa disebabkan semakin dekatnya seorang hamba dengan Allah, salah satu fasilitas mendekatkan diri kepada Allah yaitu dengan menegakan sholat, dengan sholat hajat maka hamba akan diampuni.

Doa yang dibacakan isinya penuh dengan permohonan ampunan kepada Allah, maka dengan berdoa sholat hajat dosa-dosa hamba akan diampuni

4. Dikabulkan Hajatnya

Salah satu keutamaan melaksanakan sholat hajat adalah agar keinginannya segera dikabulkan oleh Allah.

Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka’at dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat”, (HR. Ahmad).

Baca :
1. Niat dan Jumlah Rokaat Sholat Hajat
2. Tata Cara Sholat Hajat
3. Doa Sholat Hajat