Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh Lengkap Pengertian dan Keutamaannya

Setiap umat Islam pasti tidak asing dengan ibadah puasa. Puasa adalah suatu bentuk ibadah kepada Allah yang berupa menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lainnya yang bisa membatalkan puasa, yang dilakukan sejak terbit hingga terbenam matahari, dengan harapan memperoleh ridho dan pahala oleh Allah SWT.

Puasa sunnah adalah puasa yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Ada banyak sekali puasa sunnah dan salah satunya ialah puasa ayyamul bith (puasa putih) karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya  yang sangat putih.

Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah sebulan tiga kali yang di terapkan pada setiap bulan. Dan yang paling utama ialah melakukan puasa pada hari ke-13, 14, dan 15 dari bulan Hijriyah (Qomariyah). Rasullulah SAW bahkan selalu mengamalkan puasa tersebut hingga beliau wafat.
Untuk mengetahui puasa ayyamul bidh yang selalu menjadi salah satu kebiasaan baginda Rasulullah SAW yang sering beliau terapkan, kita perlu mengetahui dari pengertian, cara, dan keutamaan dari puasa ayyamul bith ini  supaya kita juga bisa melaksanakan dengan benar.

Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh Lengkap Pengertian dan Keutamaannya

Pengertian dan Cara Puasa Tiga Hari Setiap Bulan atau Puasa Ayyamul Bidh

Pengertian puasa ayyamul bidh

Secara bahasa pengertian puasa ayyamul bidh adalah berasal dari kata Al-yaum yang berarti hari, sedangkan bidh yang artinya adalah putih atau cemerlang, tiga hari tersebut terjadi bulan Purnama yang sangat putih. Puasa ini berbeda dengan puasa mutih yang dilakukan oleh orang Jawa.

Tata cara atau ketentuan puasa ayyamul bith antara lain:

  1. Ada berita yang di terima dari nabi SAW. Bhwa  satu bulan berpuasa  pd hari sabtu,  minggu   & senin kemudian di bulan yg lain pd hari selasa, rabu, kamis & di terima jg bahwa awal/ akhir setiap bulan beliau puasa pd hari kamis/Senin.
  2. Dari Abu Dzar, berkata bahwa Rasulullah bersabda: jika engkau ingin berpuasa tiga hari, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriyah. Dalam hadist tersebut Rasulullah menyarankan pada tanggal- tanggal tersebut sesuai sabda beliau.
  3. Juga terdapat hadist, Mu’adzah bertanya kepada Aisyah tentang “apakah Rasulullah melakukan puasa ayyamul bith dan hari berapa Rasul Melaksanakannya?” lalu Aisyah menjawab Iya, tidak peduli beliau berpuasa”.
  4.  Akan tetapi Hari yang paling utama ialah pada hari ke-13, 14, dan 15 dari bulan Ayyamul bidh yang pada saat itu terdapat cahaya rembulan yang sangat terang dan putih yang disebut juga puasa putih dan pada saat itu terjadi bulan purnama.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bith atau Puasa Putih

Berikut ini beberapa keutamaan puasa ayyamul bith antara lain :

Menentramkan hati dan membantu menundukkan hawa nafsu

Dapat menentramkan hati dan dapat  membantu menundukkan hawa nafsu manusia saat terjadi fenomena alam yang menbuat kondisi membuat kondisi psikologi menjadi sensitiv, oleh karena itu Rasulullah menganjurkan puasa ini untuk meredakan emosi yang kita rasakan sehingga dapat terkontrol dengan baik.

Melakukan puasa ayyamul bidh seperti puasa setahun dan merupakan kebiasaan Rasulullah

Abu Daud meriwayatkan sebuah hadis bahwa Rasulullah  menganjurkan kepada umatnya untuk puasa ayyamul bidh dengan melakukan puasa tiga hari berturut-turut  maka pahalanya seperti melakukan ibadah puasa selama satu tahun.

Merupakan tauladan nabi Muhammad SAW

Beliau tidak pernah meninggalkan puasa ayyamul bidh hingga beliau wafat. Puasa sunnah ini merupakan salah satu tauladan yang baik untuk diikuti dan dilaksanakan sesuai yang di lakukan oleh baginda Rasulullah SAW.

Merukan kebiasaan Nabi Muhammad SAW

Beliau melaksanakan puasa ayyamul bidh dilakukan setiap bulan hingga menjadi kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa ini pada hari yang beliau inginkan sesuai yang ia inginkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, tata cara, dan hikmah puasa ayyamul bidh. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah pengetahuan ataupun wawasan bagi kita semua mengenai puasa ayyamul bith ini. Dan semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT.