Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Pengertian serta Keutamaan Sholat Sunnah Taubat

Pengertian serta Keutamaan Sholat Sunnah Taubat
Setiap manusia pernah mengalami salah dan dosa. Namun, Allah SWT pencipta langit dan bumi dan penguasa alam semesta memiliki sifat Ar Rahman.

Allah begitu menyayangi para hambanya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada-Nya. Jika seorang manusia menyadari bahwa ia telah melakukan salah, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah bertaubat.

Sholat Taubat merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebagai bentuk rasa serius seorang hamba untuk bertaubat kepada Allah.

Apa Itu Sholat Taubat?

Sholat Taubat dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa besar atau pun dosa-dosa kecil yang telah dilakukan.

Sholat Taubat merupakan jenis sholat sunnah nafilah. Artinya, tidak disyariatkan untuk melakukan sholat ini secara berjamaah.

Setiap orang bisa mengerjakan sholat taubat sendiri-sendiri agar lebih berkonsentrasi dan lebih khusyuk dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Manfaat sholat taubat sendiri adalah untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan. Jika berbuat dosa dan tidak meminta ampun, maka ini akan membuat seorang manusia menyesal di alam akhirat kelak.

Selama Allah SWT masih memberikan kesempatan untuk hidup di alam dunia, maka manusia bisa melakukan Sholat Taubat dan terus berdoa kepada Allah agar semua kesalahannya diampuni oleh Allah.

Sholat untuk meminta ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan ini juga biasa disebut dengan sholat minta ampun atau sholat istighfar.

Mengapa Perlu Melakukan Sholat Taubat?

Sholat taubat dilakukan untuk menyesali kesalahan atau dosa yang telah dilakukan. Setiap orang pasti pernah melakukan dosa baik dosa yang disengaja maupun dosa yang tidak disengaja.

Sholat taubat ini dilakukan sebagai bukti penyesalan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Taubat yang paling baik adalah taubat nasuha. Taubat nasuha adalah taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan semurni-murninya dan tidak akan mengulangi perbuatan dosa lagi.

Tujuannya ialah memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Penting bagi manusia untuk melakukan sholat taubat.

Apakah Anda ingin kesalahan-kesalahan Anda diampuni oleh Allah?

Jawabannya pasti ya. Setiap manusia ingin diampuni segala kesalahan-kesalahan atas pernuatan maksiat dan dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Lakukanlah taubat nasuha ketika Anda menyadari telah berbuat kesalahan atau dosa. Jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan taubat. Siapa tahu kita sudah tidak memiliki kesempatan di hari esok lagi.

Setiap muslim wajib untuk selalu bertakwa kepada Allah dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah.

Setiap orang hendaknya juga harus selalu sadar jika tindak-tanduk setiap harinya selalu mendapatkan pengawasan dari Allah.

Hindarilah perbuatan maksiat semaksimal mungkin. Namun ketika suatu kali terjerumus dalam dosa, hendaklah bertaubat kepada Allah SWT dengan melakukan sholat taubat.

Dengan melakukan sholat taubat dengan khusuk dan sungguh-sungguh niscaya Allah SWT akan mengampuni dosa manusia yang benar-benar bertaubat kepada-Nya.

Untuk mendapatkan pengampunan dari Allah, sholat taubat harus diiringi dengan tekad yang bulat dan tulus.

Lakukan dengan sepenuh hati dan penuh penyesalan. Jangan lupa, jauhkan diri dari hal-hal yang menyebabkan dosa-dosa tersebut.

Keutamaan Sholat Taubat


Pengertian serta Keutamaan Sholat Sunnah Taubat


Sholat Taubat dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa besar ataupun dosa-dosa kecil yang telah dilakukan.

Manfaat sholat taubat sendiri adalah untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan. Jika berbuat dosa dan tidak meminta ampun, maka ini akan membuat seorang manusia menyesal di alam akhirat.

Sholat sunnah taubat dilakukuan untuk memohon ampun dengan bertaubat kepada Allah. Bagi yang mengerjakan sholat taubat ini akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Keutamaan sholat Taubat ini adalah sebagai berikut:

Diampuni Oleh Allah

Bagi yang melakukan sholat taubat akan mendapatkan ampunan dari Allah atas kesalahan-kesalahan yang dilakukannya.

Rasulullah bersabda :

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّى ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ

“Tiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan sholat (Sholat taubat) serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia akan diampuni oleh-Nya.”

Dimasukkan Ke Surga Oleh Allah

Allah akan memasukkan orang ke Surga jika umat muslim yang berbuat dosa telah bertaubat. Karena semua umat muslim akan dihisab atas perbuatan-perbuatannya selama di dunia.

Dengan melakukan sholat taubat dan bertaubat dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi kesalahan-kesalahannya, maka orang tersebut akan dijauhkan dari api neraka dan ditempatkan di Surga.

Allah berfirman dalam Al Quran surah At Tahrim ayat 8 :

یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا تُوۡبُوۡۤا اِلَی اللّٰہِ تَوۡبَۃً نَّصُوۡحًا ؕ عَسٰی رَبُّکُمۡ اَنۡ یُّکَفِّرَ عَنۡکُمۡ سَیِّاٰتِکُمۡ وَ یُدۡخِلَکُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِیۡ مِنۡ تَحۡتِہَا الۡاَنۡہٰرُ

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha. Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim ayat 8).

Disukai Oleh Allah

Allah sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat kepada-Nya.

Dengan melakukan sholat taubat, berarti manusia yang telah berbuat dosa benar-benar menyesal dan bertaubat untuk tidak mengulagi perbuatan maksiat kembali.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 222 :

اِنَّ اللّٰہَ یُحِبُّ التَّوَّابِیۡنَ وَ یُحِبُّ الۡمُتَطَہِّرِیۡنَ

Artinya :

“Sungguh, Allah sangat menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al Baqarah ayat 222).

Dengan bertaubat atas kesalahan-kesalahan yang dilakukannya, Allah akan menyukai hamba-Nya.

Didoakan Malaikat

Bagi umat muslim yang bertaubat akan didoakan oleh para malaikat. Para malaikat akan memanjatkan ampunan kepada Allah untuk orang muslim yang bertaubat.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Mu’min ayat 7 :

رَبَّنَا وَسِعۡتَ کُلَّ شَیۡءٍ رَّحۡمَۃً وَّ عِلۡمًا فَاغۡفِرۡ لِلَّذِیۡنَ تَابُوۡا وَ اتَّبَعُوۡا سَبِیۡلَکَ وَ قِہِمۡ عَذَابَ الۡجَحِیۡمِ

“Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al Mu’min ayat 7).

Demikianlah ulasan tentang sholat taubat. Semoga dengan niat yang tulus, ikhlas, dan bersungguh-sungguh untuk tidak melakukan perbuatan dosa membuat sholat taubat yang dilakukan benar-benar di ridhoi oleh Allah.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utam…

Posting Komentar

© EL-ZENO . All rights reserved. Developed by Jago Desain