Biografi Singkat Al Habib Thohir bin Abdullah Al Kaff

Biografi Singkat Al Habib Thohir bin Abdullah Al Kaff

Habib Thohir Al Kaff lahir di Tegal, 15 Agustus 1960. Beliau dikenal sangat konsisten dalam membentengi umat dari pendangkalan akidah, terutama oleh berkembangnya aliran sesat


Habib Thohir Al Kaff mendapatkan pendidikan agama dari ayah, Habib Abdullah Al-Kaff. Kemudian SD dan SMP Al-Khairiyah di Tegal. Baru, pada tahun 1980, menjadi santri Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki Mekkah. 


Ditopang oleh postur tubuhnya yang tinggi tegap saat di mimbar, beliau bak singa podium. Ceramahnya berapi-api, membakar semangat jama’ah. Terkadang nada suaranya baik air yang mengalir deras, penuh ketegasan. Gaya berdakwah dai yang satu ini memang sangat khas, suara bariton yang berat dan dalam. Orasinya terkesan galak, penuh nada kritik namun bertanggung jawab. Sesekali dalam ceramahnya, ia menyelipkan canda-canda yang segar. Sehingga, dalam tiap pengajian yang diisi olehnya, ribuan jamaah betah mendengarkan sampai acara pengajian berakhir.


Hampir dalam berbagai dakwah, entah dalam kesempatan majelis taklim, haul, ataupun seminar, dia selalu pmemperingatkan beberapa kesesatan yang dilancarkan kepada kaum muslimin di Indonesia. Sebab Islam di Indonesia, menurutnya, adalah Islam warisan Walisongo, yaitu Ahlusunnah wal Jamaah, bukan Syiah maupun Ahmadiyah, misalnya. 


Nama Habib Thohir Al Kaff lebih banyak dikenal oleh kaum muslimin yang tinggal di pelosok-pelosok desa. Karena dia lebih senang berdakwah di daerah-daerah, bahkan masuk di pedesaan.


Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah ﷻ dan ditempatkan di surga bersama Rasulullah ﷺ 


Biografi Singkat Al Habib Thohir bin Abdullah Al Kaff

Foto : Al Habib Umar bin Hafidz, Al Habib Thohir Al Kaff, dan K.H. Ahmad Asrori Al Ishaqi.