Dalil Al Qur’an tentang Anjuran Berdoa

Semua umat islam dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, dimana saja dan kapan saja. Baik dikala senang maupun susah. Jangan sampai seseorang hanya berdoa dikala sedang dalam keadaan kesusahan saja, namun enggan berdoa ketika sedang diberi kenikmatan. Dalil-dalil tentang anjuran berdoa tentu sangat banyak, baik di Al Qur’an maupun Hadis. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya doa tersebut.

Berdoa merupakan wujud ketergantungan seorang makhluk terhadap penciptanya. Dengan berdoa seseorang menganggap dirinya tidak memiliki daya suatu apapun, karena memang pada dasarnya, semua yang ada di dunia ini merupakan karunia dari Allah SWT yang wajib selalu kita syukuri.

Berbicara mengenai Dalil Al Qur’an tentang Anjuran Berdoa terdapat sebuah ayat yang memerintahkan mengenai anjuran berdoa yaitu di QS Al Mu’min: 60 berikut ini:

Dalil Al Qur’an tentang Anjuran Berdoa

Artinya : ”Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. Al Mukmin:60)

Berdasarkan QS Al Mu’min: 60, sudah sangat jelas bahwa allah memerintahkan umat islam untuk selalu memanjatkan doa pada-Nya. Maka Semua doa tersebut dijamin akan dikabulkan oleh Allah SWT. Banyak mufasir yang menilai, jika ayat ini merupakan sebuah janji langsung dari Allah SWT kepada orang-orang islam.

Perlu diingat, jika janji Allah SWT berbeda dengan janji dari manusia. Sebab Allah maha menepati janji, apa yang dijanjikan pasti akan ditetapi. Tentu dengan syarat seorang muslim tersebut benar-benar tulus ikhlas meminta kepada Allah tanpa menyekutukannya sedikitpun.

Berbeda dengan manusia pada umumnya, yang berjanji, namun belum tentu ditepati. Yakinlah jika Allah akan menepati semua janji-janji yang tertulis dalam kitab suci Al Qur’an. Jika kita semua meyakininya dengan setulus hati, niscaya Allah akan memberi melebihi apa yang selama ini kita doakan. Amiin

Dalam QS Al Mu’min: 60, Allah SWT juga memberi pernyataan bahwa orang-orang yang tidak mau berdoa termasuk dalam katagori menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan. Allah mengancam orang-orang seperti ini  dengan dimasukkan ke neraka dalam keadaan hina. Naudzubillahi mindzalik.

Tentu kita semua tak ingin mask dalam katagori orang-orang yang menyombongkan diri tersebut. Sebab pada dasarnya, tak ada yang bisa disombongkan oleh seorang makhluk. Kita semua bisa hidup di dunia ini karena diciptakan dan pasti suatu hari nanti akan diambil lagi oleh-Nya.

Mari kita selalu berdoa, meyakini setulus hati Dalil Al Qur’an tentang Anjuran Berdoa dengan melakukan implementasi dalam dunia nyata. Wallahu a’lam.