Inilah 8 Amalan Sunnah Rasulullah yang Dikerjakan Setiap Hari

Amalan Sunnah Rasulullah Setiap Hari – Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang menjadi suri tauladan/uswatun hasanah bagi kaum muslimin. Semua perilakunya menunjukkan akhlak mulia yang sangat luhur.

Bukan hanya amalan wajib saja yang beliau kerjakan, melainkan juga berbagai amalan-amalan sunnah juga turut beliau laksanakan.

Yang dimaksud sebagai amalan sunnah adalah semua amal perbuatan yang apabila dikerjakan akan memperoleh pahala, Namun apabila tidak dikerjakan maka ia tidak akan mendapat dosa.

Perlu anda semua ketahui bahwa setiap hari Rasulullah selalu melaksanakan berbagai macam amalan sunnah. 

Inilah 8 Amalan Sunnah Rasulullah yang Dikerjakan Setiap Hari


Meskipun sejak lahir beliau sudah maksum, namun tetap saja selalu memohon ampunan kepada Allah SWT.

Kondisi ini tentu sangat berbeda sekali dengan diri kita. Meskipun setiap waktu melakukan dosa, namun sangat jarang sekali memohon ampun kepada Allah.

Harusnya kita sebagai umat muslim meniru apa yang dilakukan oleh Rasulullah. Baik itu dalam hal amalan wajib maupun amalan sunnah. Tujuannya supaya kita semua menjadi pribadi muslim yang selalu bertaqwa.

Di antara berbagai amalan sunnah Rasulullah, ada 8 Amalan Sunnah Rasulullah yang Dikerjakan setiap hari. Hal ini harusnya bisa kita tiru dalam kehidupan sehari-hari.

8 Amalan Sunnah Rasulullah yang Dikerjakan Setiap Hari


Membaca Dzikir Setiap Pagi dan Sore Hari


Rasulullah selalu membaca dzikir ketika pagi dan sore hari. Lisannya tidak pernah lupa melafalkan kalimat-kalimat thoyyibah. Mulai dari tasbih, tahmid, tahlil hinga takbir selalu beliau panjatkan.

Apa yang dilakukan rasulullah ini sesuai dengan perintah Allah yang terdapat di dalam QS. Al-A’raf: 205 berikut ini:
 
Inilah 8 Amalan Sunnah Rasulullah yang Dikerjakan Setiap Hari



Rutin Mengerjakan Shalat Dhuha


Nabi Muhammad SAW bersabda:

''Ketika pagi hari pada setiap persendian kalian akan diwajibkan untuk sedekah, setiap ucapan kalimat tasbih itu akan bernilai satu sedekah, setiap ucapan kalimat tahmid itu akan bernilai satu sedekah, satu ucapan kalimat tahlil itu akan bernilai satu sedekah, satu ucapan kalimat takbir itu akan bernilai satu sedekah. Memerintahkan kepada yang makruf satu sedekah, mencegah yang dari perbuatan mungkar satu sedekah. Dan seluruh hal itu dapat digantikan dengan melaksanakan dua rakaat shalat Dhuha.'' (H.R. Muslim).

Dari hadits tersebut, bisa kita ketahui bahwa shalat dhuha memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Usahakanlah setiap hari agar melaksanakan shalat sunnah ini, kendati dalam keadaan sibuk sekalipun

Melaksankan Shalat Wajib Berjamaah Tepat Waktu


Shalat adalah tiang agama, maka dari itu sebagai umat islam kita harus terus menjalankan shalat 5 waktu.

Shalat fardhu ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Rasulullah selalu mengerjakan shalat fardhu dengan berjamaah.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

''Jikalau saja para manusia mengetahui pahala dari panggilan shalat dan shaf awal, kemudian mereka semua tak dapat memperolehnya selain harus dengan mengundi, pasti mereka kemudian akan mengundinya.'' (HR Muslim).

Menjaga Shalat Rawatib


Shalat Rawatib adalah shalat sunnah yang menjadi pengiring dari shalat fardhu. Shalat Rawatib yang dikerjakan sebelum shalat fardhu dinamakan shalat Qabliyah.

Sedangkan shalat rawatib yang dikerjakan sesudah melaksanakan shalat fardhu disebut dengan shalat ba’diyah.

Di dalam sebuah hadits telah disebutkan:

''Tidaklah seorang hamba mengerjakan shalat sunah dengan ikhlas lillahitaala (karena Allah ta’’ala) pada setiap hari sebanyak 12 rakaat melainkan pasti Allah SWT akan membangunkan rumah baginya di surga.'' (H.R. Muslim).

Membaca Alquran


Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang menjadi mukjizat Nabi Muhammad dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya.

Membaca ayat suci Alquran adalah sebuah zikir terbaik yang akan dapat mendatangkan berbagai macam kebaikan bagi yang sedang membacanya.

Nabi Muhamma SAW telah bersabda, ''Bacalah ayat suci Alquran karena sesungguhnya Alquran akan datang sebagai pemberi syafaat bagi para sahabatnya (orang-orang yang rajin membacanya).'' (H.R. Muslim).

Selalu Berusaha dalam Keadaan Suci


Rasulullah senantiasa menjaga kesucian tubuhnya dari berbagai macam hadas dan najis.

Dalam hadits beliau bersabda, ''Barang siapa yang berwudhu dan membaguskan wudhunya, maka berbagai kesalahannya akan keluar dari dalam jasadnya, bahkan sampai keluar dari ujung-ujung kukunya.'' (HR Muslim).

Selalu Bersedekah


''Pernah pada suatu saat, ada seorang lelaki yang datang menemui Rasulullah SAW dan ia bertanya, Wahai Nabi, sedekah apakah yang paling utama? Nabi Muhammad SAW kemudian menjawab, Bersedekahlah ketika kamu dalam kondisi sehat, kikir, takut miskin, dan sedang berharap untuk menjadi kaya, tidak menundanya sampai dengan nyawa berada di tenggorokan baru kamu berkata, Aku sedekahkan ini kepada Si Fulan sebegini, padahal itu memang telah menjadi bagian Si Fulan (para ahli warisnya).” (H.R Bukhari).

Istighfar minimal 100 kali


Makna dari stighafar adalah memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang kita perbuat. Kendati Nabi Muhammad Maksum, namun beliau selalu rutin membaca istighfar.

Dalam sebuah Hadits Nabi Muhammad SAW bersabda, ''Demi Allah, aku selalu membaca istighfar dan bertobat kepada-Nya (Allah) lebih dari 70 kali dalam satu hari.'' (HR Muslim).

Itulah 8 Amalan Sunnah Rasulullah yang Dikerjakan Setiap Hari. Tentunya masih banyak lagi amalah sunnah yang dikerjakan oleh rasulullah. Semoga kita semua bisa mengamalkannya. Amiin