Tempat-tempat Mustajab untuk Berdoa

Tempat-tempat Mustajab untuk Berdoa. Sebagai seorang muslim yang taat terhadap syaria-syariat islam, tentu kita semua meyakini segala yang dimiliki adalah karunia Allah. Harta melimpah, kesehatan, umur yang panjang dan lain sebagainya merupakan pemberian yang harus selalu kita syukuri.

Memang tidak semua manusia dikaruniai berbagai kenikmatan tersebut. Ada sebagian yang diuji oleh Allah dengan berbagai macam hal. Seperti kemiskinan, penyakit hingga terkena berbagai macam bencana alam yang membuat mereka kesusahan. Kendati demikian, semua manusia haruslah tetap berdoa kepada Allah agar semua cobaan itu bisa dilalui dengan sebaik-baiknya.

Perlu diketahui bahwa semua doa tidak langsung dikabulkan oleh Allah. Seringkali kesabaran manusia dalam berdoa dan memohon di uji oleh sang pencipta. Jika ia sabar dan tetap tawakal insyaallah kesabarannya tersebut akan membawanya di kedudukan yang mulia. Dalam sebuah hadis Rasulullah Muhammad SAW sudah bersabda:

(عن النبيّ صلّى الله عليه وسلّم قال : لَيْسَ  شَيْء أكْرَمَ عَلَى اللهِ تَعالى مِنَ الدُّعَاءِ (رواه ترمدي و ابن ماجه

Cara membacanya: (‘anin nabiyyi shollallaahu ‘alaihi wa sallama qoola: laisa syaiun akroma ‘alallaahi ta’aala minaddu’aa. Rawahu tirmidzi wa ibnu maajah)

Artinya : Dari Nabi Muhammad SAW Bersabda: Tidak ada yang lebih mulia di hadapan Allah selain do’a” (H.R. Turmudzi dan Ibnu Majah).

Tempat-tempat Mustajab untuk Berdoa

Dari hadis tersebut, rasulullah telah menegaskan jika doa akan membawa seorang muslim di kedudukan yang paling mulia di sisi Allah. Sebab doa merupakan wujud penghambaan dan ketergantungan makhluk dengan sang pencipta. Dengan berdoa ia mengakui bahwa semua yang ada di dunia ini adalah pemberian-Nya.

Belum dikabulkannya sebuah doa, bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah lokasi tempatnya memanjatkan doa. Memang untuk berdoa boleh dilakukan di mana saja, namun dalam islam menjelaskan terdapat Tempat-tempat Mustajab untuk Berdoa. Lokasi-lokasi tersebut diyakini memilii keistimewaan sendiri, yang membuat doa umat islam cepat dikabulkan.

Berikut ini Tempat-tempat Mustajab untuk Berdoa

1. Didepan dan didalam Kabah.

2. Dimasjid Rasulullah saw.

3. Di belakang makam Nabi Ibrahim as.

4. Diatas bukit Safa dan Marwah.

5. Di Arafah, di Muzalifah, di Mina dan di sisi jamarat yang tiga.

6. Di tempat-tempat yang mulia lainnya, seperti Masjid atau Mushalla.

Demikian Tempat-tempat Mustajab untuk Berdoa. Mari kita terus memanjatkan doa kepada Allah SWT supaya dimasukkan dalam kedudukan paling mulia di sisinya.